Coach Yohanes G Pauly Diminta Cnn Untuk Berikan Strategi Bisnis Praktis Bagi Entrepreneur, Pengusaha Umkm Dan Wirausaha Muda Di Masa Pandemi Dan Relevan Di Masa Prosperity

Dengan kata lain, ini tentang bagaimana perusahaan memutuskan untuk menggunakan sumber dayanya. Hal ini tentu membawa tantangan tersendiri bagi para pengusaha baik pengusaha industri besar maupun usaha rumahan. Produk ini menargetkan perusahaan-perusaan besar di Indonesia dengan value proposition produk yang dipasarkan memiliki kualitas sekelas SAP yang sudah biasa digunakan oleh berbagai perusahaan di Indonesia.

Kita berharap Sinergi Perguruan Tinggi dan UMKM terus dikembangkan serta didukung Instansi terkait demi meningkatkan kualitas pemasaran serta bertahannya ekonomi di Indonesia disaat pandemi ini terjadi. Untuk penyerapan pekerja oleh UMKM juga cukup besar dan terus meningkat mencapai ninety six,99–97,22 persen dengan jumlah pelaku UMKM mencapai 62 juta atau sekitar 98 persen dari pelaku bisnis secara nasional. Akan tetapi , UMKM merupakan salah satu sektor yang paling berdampak oleh pandemi Covid-19. Sehingga hal ini perlu dimanfaatkan oleh para usahawan-usahawan baru atau juga untuk bisa memasarkan produk-produk yang dimiliki untuk dipasar lokal dengan harga yang bersaing dan selera yang sudah diketahui oleh pengusaha di Indonesia. Hal ini sebagai salah satu keharusan yang dipatuhi mengingat penyebaran terjadi karena kontak manusia satu dengan manusia yang lainnya.

Strategi bisnis dimasa pandemi

Strategi bisnis startup di masa pandemi covid-19 yang paling penting yaitu mengenai relevansi. Sebagai pemilik startup, Anda mesti memahami apa yang dibutuhkan orang-orang di period pandemi ini. Misalnya merubah nama brand, ide bisnis, produk, layanan, hingga target market. Namun jika hal tersebut terlalu ekstrem, Anda bisa merubah beberapa elemen saja. Misalnya, jika startup bergerak di bidang transportasi, Anda bisa mengubah jenis layanan yang tadinya layanan pengantaran orang/ojek, menjadi layanan pengantaran makanan.

Tak bisa dipungkiri, pandemi Covid-19 telah mendorong percepatan transformasi digital dan menuntut masyarakat di seluruh dunia termasuk Indonesia untuk beradaptasi dengan perkembangan period digital. Digitalisasi kini telah menjadi salah satu strategi yang efektif untuk menjangkau konsumen dan bersaing dengan pemain lain di industri. Menjalankan bisnis di tengah situasi pandemi virus Corona jelas bukan pekerjaan mudah. Selain karena pembatasan sosial yang membuat masyarakat tak leluasa berbelanja, beberapa perusahaan pun memutuskan untuk melakukan PHK massal yang membuat daya beli masyarakat menurun. Tentunya perlu diingat 1 hal, tampilkan konten yang tidak terlalu “jualan”.

Jadi ketika seseorang membaca/menonton konten Anda, mereka tidak seperti sedang ditawari sebuah produk. Sehingga jika Anda menggunakan strategi pemasaran produk ini Anda juga harus pandai melakukan story-telling. Maka dari itu mulailah untuk membangun website dengan tampilan yang skilled dan rapih, Salah satu strategi bisnis on-line di masa pandemi Covid-19, paling perlu dilakukan.

Pandemi ini bisa membuka peluang baru yang tadinya tertutup karena kesibukan kita. Lalu, bulan April lalu seharusnya ada Indonesia Fashion Week, itueventbesar bagi pelakufashion. Masih bisa order ke toko kain langganan melalui Whatsapp atau Instagram. Hanya memang, harga kain mulai naik bahkan sejak sebelum ada pembatasan skala besar . Pedagang kain di Pasar Tanah Abang mulai kesulitan memperoleh suplai kain. Karena suplai kain mulai sulit, pedagang pun mulai menjual dengan harga agak mahal.

Sehingga statistik menyebutkan bahwa berbenlanja online saat ini mengalami peningkatan. Beberapa minggu terakhir banyak produk yang meningkat pesat seperti produk olahraga dan kesehatan. Maka itu bisa jadi sebuah peluang bisnis bagi anda, bahkan saat ini banyak orang yang tidak takut untuk menggunakan model yang baru saja muncul di permukaan. Tidak kalah penting, Eddi mengatakan mannequin bisnis perusahaan startup harus mendapat perhatian tersendiri. Terdapat beberapa model bisnis yang dapat diterapkan perusahaan startup seperti berlangganan , layanan langsung (on-demand), marketplace dan freemium.

Perkembangan dari pola atau sistem pemasaran on-line atau web adalah peluang emas bagi mahasiswa. Para mahasiswa yang terbiasa dengan teknologi informasi bisa menjadi ‘Digital marketer’. Para mahasiswa dapat membangun usaha rintisan atau start-up UMKM ataupun menjual produk offline serta handbook menggunakan sistem ‘digital advertising’ atau pemasaran digital.