Strategi Pemasaran Prima Mart Primkopal Juanda Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Masa Pandemi Covid

Langkah selanjutnya, Anda juga harus mengetahui seperti apa kondisi dan kebutuhan pasar. Hasilnya dapat dijadikan sebagai evaluasi untuk pengembangan usaha Anda selanjutnya. Sementara untuk melihat reaksi konsumen Anda dapat menawarkan produk secara langsung ke masyarakat, selain itu Anda bisa mengetahui komentar dan testimoni yang mereka ungkapkan. TemanDANA, itu dia beberapa ideas mempertahankan bisnis yang bisa dilakukan. Bagi TemanDANA yang memiliki bisnis, tetap semangat untuk berjuang keluar dari masa-masa sulit ini.

Lalu, saya manfaatkan situasi ini untuk menjual stok-stok lama dengan harga diskon yang cukup besar. Strategi lain untuk membantu omzet, saya jual khimar dan kerudung pendek rumahan. Misalnya, untuk khimar itu ada cadar, kami edukasi bisa sekalian menjadi masker. Produk ini saya bikin dengan sistem maklon ke teman pemilik konveksi, jadi tinggal jual saja dengan brand sendiri.

Strategi bisnis dimasa pandemi

Namun, jika legalitas itu terkait dengan perizinan produk barang/jasa yang dijual sebaiknya perusahaan segera mengurusnya. Semaksimal mungkin pertimbangannya adalah apakah biaya yang keluar berpotensi untuk menghasilkan pendapatan bagi perusahaan. Mekari memberikan kesempatan bagi pemilik usaha untuk mencoba langsung software program akuntansi Jurnal dengan free of charge dan promo bonus berlangganan hingga 2 bulan ditambah diskon sampai dengan 35% yang berlaku sampai 31 Maret 2020. Lebih lanjut, dengan kondisi saat ini, bisa dilihat bahwa teknologi memegang peranan besar dalam keberlangsungan operasional perusahaan. Melihat kembali rencana anggaran biaya menjadi hal yang krusial di masa ini. Pemilik usaha harus dapat memilah pos anggaran mana yang menjadi prioritas dan melakukan penyesuaian budget dengan kondisi saat ini untuk mengupayakan usaha tetap berjalan dengan risiko yang dapat diantisipasi.

Pelaku UMKM perlu memperbaiki proses bisnis mereka, misalnya memgganti pencatatan handbook dengan software akuntansi. Penggajian karyawan yang biasanya memakai amplop dapat dialihkan ke sistem payroll. Salah satu kisah unik dan menarik mengenai strategi meraih keunggulan kompetitif saat masa pandemi datang dari sebuah usaha kue rumahan bernama Sugema Rasa. Usaha ini terletak di Desa Rancapaku, Kecamatan Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya. Dibidang contact center, pihak ketiga menawarkan service dengan biaya yang relatif lebih murah dengan membangun staff contact heart atau customer service perusahaan diluar kota Jakarta seperti di Yogyakarta. Selain bisa menghemat biaya, tentu juga bisa menaikan income perusahaan dan menurunkan biaya operasional.

Wieke mengatakan, di awal berdiri, Tahu Petis Yudhistira dipasarkan di gerobak sederhana di wilayah Tebet Timur, Jakarta Selatan dengan satu orang karyawan dan satu produk saja, yakni tahu pong dengan petis udang. Selain itu, Wieke juga mulai menjual produk minuman seperti mpon-mpon yang kerap dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam hal communication, dengan adanya pandemi ini, tuntutan untuk melakukan komunikasi pemasasaran semakin menegaskan bahwa komunikasi dilakukan dengan pendekatan online atau digital, karena sudah terbukti low price range dan excessive impact.

“Bisnis model ini harus dipelajari mana yang tepat sesuai bisnis startup. Jangan sampai salah pilih bisnis mannequin karena ubahnya susah kalau sudah jalan,” jelas Eddi. Krisis yang dipicu wabah Covid-19 berbeda dari krisis keuangan pada 2008 yang memicu penurunan daya beli yang drastis. Krisis kesehatan umumnya hanya akan menahan keinginan masyarakat untuk membeli. Dengan kata lain, pelaku UMKM masih berkesempatan menyiapkan strategi baru untuk mengembangkan usaha selama pandemi masih berlangsung.

“Pastikan konten yang dibagikan memiliki manfaat bagi orang banyak, agar pelanggan atau calon pelanggan dalam database bisa membagikannya ke orang lain,” jelasnya. Founder & CEO Tribelio.com, Denny Santoso, mengatakan untuk sukses berbisnis online, maka perlu belajar dari pengalaman dan juga aksi nyata. Menurutnya belajar memang mudah, tapi bila tidak diuji langsung di lapangan maka teori tidak ada gunanya.

Dimana, pola penjualan ‘on-line’ merupakan cara UMKM untuk bisa menjaga bisnis di tengah pandemi Covid-19. Di lain pihak, keinginan pembelian konsumen selama PSBB juga meningkat tajam. Maka secara umum dalam hukum ekonomi ‘supply and demand’ dapat dilaksanakan. Inovasi frozen meals ini turut dijalankan dengan strategi pemasaran digital. Sejak awal, Wieke mengaku sudah gencar mengoptimalkan platform digital untuk pesan antar melalui aplikasi ojek on-line, beberapa e-commerce, akun Instagram @tahupetisyudhistira, hingga website

Untuk bisa bertahan, CEO Zode, Edward D mengatakan, setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan para pelaku usaha agar bisa bertahan di tengah pandemi. Sebagai salah satu contoh, konsumen khawatir akan kebersihan dan keamanan makanan yang dijual di restoran atau rumah makan, tapi tidak punya waktu dan tempat untuk memasak setiap hari. Anda bisa membuat usaha katering yang selain menyediakan makanan yang enak, menjamin kebersihan dan keamanan makanan dengan mengikuti prosedur pencegahan penularan COVID-19 bagi pengusaha kuliner. Buat rencana yang rapi, pikirkan titik-titik pemasaran dan pengantaran, mekanisme pengantaran, dan faktor-faktor yang memengaruhi keputusan konsumen.